Minggu, 28 Juni 2015

DOMPU RIWAYATMU KINI

            memasuki era abad yang ke-21. perkembangan kabupaten dompu masih jauh panggang dari api. di bandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada di kawasan Nusantara ini. pada umurnya yang kesekian tahun. secara pembangunan masih saja jalan di tempat. entah apa yang membuat itu semua.jika mengaca pada sejarah ( bukan meromantisasi sejarah) dompu merupakan suatu daerah yang mempunyai kedudukan peradaban yang amat maju. baik dalam bidang ekonomi,politik,sosial,maupun budayanya. secara defakto dompu di kenal di kancah nusantara pada saat itu di kenal dengan nama " DOMPO" . hal demikian tertera jelas dalam sumpah palapa yang di proklamirkan oleh Mahapati GAJAH MADA . yang mengatakan pada saat itu,akan menyatukan kerajaan yang berada pada wilayah nusantara dengan konsekwensinya akan memakan buah maja. nama kerajaan dompo pada saat itu di sebutkan secara jelas di dalam sumpah yang di cantumkan di dalam kitab kertagama itu. pengakuan keberadaan secara defakto di akui keberadaanya oleh kerajaan lain pada saat itu.

            seiring perkembangan jaman, dompu sekarang mengalami banyak perubahan. baik di dalam pembangunan ekonomi,sosial,budaya,maupun politik. peninggalan-peningaalan jaman dulu sebagai saksi nyata mengenai keberadaanya. kini tidak ada lagi yang bisa di lihat. mulai dari bentuk istana kesultanan maupun masjid-masjid yang di bangun oleh syaikh-syaikh terdahulu serta peningalan sejarah lainnya. yang mungkin amat banyak di tinggalkan. hal ini yang menurut saya, secara pribadi dompu amat jalan di tempat dan bahkan  jauh lebih buruk di bandingkan dompu yang terdahulu. walapun memang,saya mengakui bahwasanya. secara pembangungan dompu mengarah pada bentuk pembangunan yang lain. dan hal ini, belum dapat di katakan sebagai kategori daerah yang maju. melainkan dalam tahap yang berkembang mundur. tidak juga dalam tahap daerah yang berkembang.

            politik pragmatisme yang emban oleh pemerintah yang memimpin kabupaten dompu pada tahun 1950 telah merubah wajah dompu secara keseluruhan. secara pembangunan orang-orang terdahulu yang di dasari oleh perjuangan bahkan sampai mengorbankan tetesan darah yang mengalir. di hilangkan begitu saja oleh orang-orang yang memimpin pada saat itu. dan hal inilah yang membuat dou (orang dompu) merasa tertinggal. karna secara psikologis telah di serang dengan menghilangkan ingatan-ingatan daerah yang berimbas pada amnesia penghuni Dana Dompu (tanah Dompu). sampai sekarang pun dou-dou dompu (orang-orang dompu) sedang mencari identitas mereka yang sebenarnya.

             harapan saya sebagai putra daerah dompu. semoga kepemimpinan siapapun. dapat menggali kembali akan sejarah-sejarah yang pernah di lakukan oleh orang-orang hebat terdahulu. mulai dari sultan pertama sampai dengan terakhir. hingga islam pertama kali masuk di dompu serta siapa-siapa saja yang menyebarkan agama islam di dana Dompu. karna dari itu semualah yang akan membangkitkan jiwa semangat patriotisme orang dompu untuk dapat mengetahui identitas dou dompu yang sebenarnya. yaitu dompu yang hebat dan dompu yang jaya. bahkan kalau bisa pemerintah hari inipun,harus lebih banyak belajar akan sejarah-sejarah terdahulu. jangan mengangggap daerah dompu sebagai daerah yang tidak mempunyai sejarah. seperti yang di katakan oleh bapak Proklamator kita " Jas Merah " jangan sekali-sekali melupakan sejarah. dari pernyataan demikian. oleh founding father kita.bahwa ,jelaslah sejarah amatlah penting untuk di pelajari akan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. karna dari sejarah itulah akan di jadikan pembelajaran untuk dapat memperbaiki apa yang menjadi perencanaan hari ini untuk ke depannya. entah itu dalam bidang ekonomi,sosial,politik,maupun budaya. semoga saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar